Wujudkan Atap Rumah yang Terawat dengan 6 Cara ini



Seluruh komponen pada rumah, tidak terkecuali komponen atap, memiliki fungsi yang sama penting untuk menjaga kenyamanan dan tentunya keamanan bagi para penghuninya. Pasalnya, apabila terjadi kerusakan pada atap rumah, hal ini bisa memunculkan risiko berupa kebocoran dan kemungkinan lainnya yang membahayakan.

Untuk itu, agar risiko-risiko merugikan akibat atap dapat diminimalisir, Anda perlu menjaga keterawatan atap di hunian. Apabila dirawat dengan maksimal, maka komponen tersebut akan bisa melakukan fungsinya dengan baik pula.

Artikel ini akan mencoba membahas tentang cara-cara yang bisa Anda lakukan demi menjaga kondisi atap tetap dalam keadaan terawat. Simak pembahasan lebih lengkapnya pada poin-poin di bawah ini.

6 Cara Menjaga Atap Rumah Tetap Terawat

Sebelum atap mengalami permasalahan yang bisa mengganggu, maka ada baiknya Anda melakukan pencegahan dengan cara rutin merawat atap. Bagaimana cara yang tepat untuk menjaga atap supaya bisa selalu dalam keadaan terawat? Berikut ini pembahasannya.

  • Rajin Membersihkan Atap

Cara pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin menghindari kerusakan pada atap dan menjaga kondisinya tetap terawat yaitu dengan selalu membersihkan komponen rumah tersebut. Saat membersihkan atap, hal-hal yang bisa Anda lakukan mulai dari menghilangkan lumut hingga menyapu untuk membersihkan sampah.

Seberapa sering Anda perlu membersihkan atap di rumah? Tentunya hal ini bergantung pada kondisi hunian Anda dan lingkungan di sekitarnya. 

Anda bisa mencoba membersihkan atap dengan rentang satu bulan sekali. Namun apabila dirasa cuaca sedang berangin dan kondisi atap mudah kotor, Anda bisa mempercepatnya dengan rentang 2 minggu sekali.

  • Rutin Melakukan Pemeriksaan

Selain perlu membersihkan atap, cara lain yang juga bisa membantu Anda dalam rangka menjaga kondisinya tetap terawat yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin minimal satu tahun sekali untuk memastikan kondisi atap terkait karat, retak, dan jenis-jenis kerusakan lainnya.

Kemudian apabila ternyata terdapat kerusakan setelah dilakukan pemeriksaan, pastikan Anda segera memperbaiki permasalahan atap tersebut. Jangan menunggu kerusakan hingga kondisinya parah baru Anda melakukan perbaikan. Pasalnya, hal tersebut bisa saja memicu risiko yang membahayakan.

  • Jaga Atap dari Gangguan Hewan

Posisi atap yang berada di bagian atas hunian sering kali menjadi tempat untuk persembunyian hewan-hewan pengerat. Apabila ini sampai terjadi di atap rumah Anda dan berlangsung sampai lama, hal ini bisa menjadi penyebab atap menjadi rusak dan tentunya tidak terawat.

Untuk itu, apabila mulai mendengar suara hewan-hewan pengerat berlarian di area atap, sebaiknya Anda perlu membersihkannya dan mencegah hewan tersebut untuk membuat sarang atau rumah di atap hunian.

  • Memilih Atap Berkualitas dan Memasangnya dengan Benar 

Menjaga atap tetap dalam kondisi terawat juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan jenis atap yang berkualitas dan melakukan pemasangannya dengan benar. Apapun jenis atap yang Anda pilih, pastikan Anda memasangnya dengan metode yang tepat. 

Kemudian supaya atap bisa terlindungi, Anda juga perlu mengaplikasikan produk waterproofing coating. Salah satu produk waterproofing yang bisa Anda andalkan yaitu produk dari Sika, Sikalastic®-590 Deckseal.

Produk ini menawarkan beberapa keunggulan yang menarik. Dengan menggunakan produk ini, Anda bisa merasakan keunggulan, mulai dari ketahanan yang baik terhadap sinar UV, cuaca, yellowing dan tentunya tahan terhadap air yang menggenang meskipun dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, keunggulan lainnya juga berupa memiliki elastisitas yang tinggi untuk menjembatani retak, tidak beracun dan sudah sesuai persyaratan VOC, dalam satu komponen sudah siap diaplikasikan, memiliki kemampuan untuk melepas uap air, hingga memiliki daya rekat yang baik untuk permukaan yang berpori dan tidak berpori.

  • Merawat Talang Air

Talang air perlu dirawat dengan baik jika Anda ingin memiliki atap yang terawat. Bersihkan area talang air apabila terdapat sampah yang menyumbatnya. Pasalnya, apabila dibiarkan begitu saja, khawatir air dari talang akan meluap dan membuat airnya merembes ke dinding yang bisa membuat dinding tersebut menjadi lapuk dan bocor.

  • Memastikan Kondisi Plafon

Plafon juga perlu diperhatikan kondisinya agar Anda bisa memiliki atap yang terawat dengan baik. Apabila plafon ditemukan dalam kondisi yang buruk, maka hal ini bisa menimbulkan risiko layaknya kebocoran di rumah. Untuk itu, apabila ketika memeriksa plafon ditemukan lubang, Anda perlu segera memperbaikinya.

Kesimpulan

Atap memang perlu dirawat dengan baik untuk mencegah terjadinya berbagai jenis kerusakan yang merugikan. 

Berdasarkan pembahasan di atas, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga atap tetap dalam kondisi terawat yaitu rajin membersihkan atap, rutin melakukan pemeriksaan, jaga atap dari gangguan hewan, memilih atap berkualitas dan memasangnya dengan benar, merawat talang air, dan memastikan kondisi plafon.

Selain langkah-langkah perawatan di atas, menjaga atap dalam kondisi terawat juga bisa dilakukan dengan sebelumnya mengaplikasikan produk waterproofing coating di atap. Seperti yang sudah disebutkan, produk waterproofing yang bisa Anda gunakan untuk melindungi atap ialah Sikalastic®-590 Deckseal.

Produk tersebut direkomendasikan karena selain Sika yang sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun, produk Sika juga sudah banyak dijadikan sebagai solusi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Salah satu proyek internasional yang menggunakan produk Sika antara lain yaitu proyek Museum Grand Mesir di Giza, Mesir pada tahun 2019. Patut diketahui juga bahwa Sika pertama kali mencetuskan waterproofing semen di Indonesia.

Untuk itu, apabila Anda ingin melindungi dan melapisi atap rumah dengan waterproofing, Anda bisa menggunakan solusi Sika dengan produk Sikalastic®-590 Deckseal. Dapatkan informasi lebih lengkap terkait produk ini dengan klik di sini.

Komentar

Postingan Populer